Home OtomotifCara Mengurus STNK Hilang Sendiri Tanpa Jasa Calo

Cara Mengurus STNK Hilang Sendiri Tanpa Jasa Calo

STNK hilang? Jangan panik atau bingung! Sebab, ada cara mengurus STNK hilang yang mudah, baik itu mengurusnya sendiri atau pun dengan jasa calo. Tetapi Anda lebih disarakan untuk mengurusnya sendiri sebab caranya gampang banget, tinggal ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Tahukah Anda apa itu STNK? Ini merupakan tanda bukti pendaftaran juga pengesahan kendaraan bermotor berdasarkan identitas kepemilikan. Di dalam STNK berisikan identitas kepemilikan dan identitas kendaraan bermotor. Apabila STNK ini hilang, itu artinya Anda tidak lagi punya bukti bahwasannya Anda adalah pemilik sah atas kendaraan bermotor yang Anda miliki tersebut.

Cara Mengurus STNK Hilang Sendiri Tanpa Jasa Calo

Buat laporan kehilangan STNK

Cara mengurus STNK hilang yang pertama adalah segera buat laporan kehilangan STNK. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu datang ke kantor polisi terdekat. Surat kehilangan STNK ini nanti diperlukan untuk pembuatan STNK baru.

Siapkan berkas – berkas yang dibutuhkan

Untuk mengurus pergantian STNK yang hilang Anda perlu siapkan berkas – berkas seperti berikut.

  • KTP asli dan fotokopi
  • Fotokopi STNK yang hilang
  • Surat keterangan kehilangan STNK
  • BPKB asli dan fotokopi

Datang ke kantor Samsat terdekat

Apabila semua berkas yang dibutuhkan tersebut sudah lengkap, kini saatnya untuk datang ke kantor Samsat. Berikut ini adalah cara mengurus pergantian STNK yang hilang di kantor Samsat.

  • Melakukan pengecekan fisik kendaraan dan sekaligus gesek nomor rangka dan mesinnya. Jika sudah selesai, maka hasil cek fisik ini difotokopi.
  • Mengisi formulir pendaftaran. Pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap, lalu serahkan ke loket STNK hilang. Jangan lupa juga untuk menyertakan berkas kelengkapan administrasi yang sudah disiapkan.
  • Mengurus cek blokir. Yang dimaksudkan di sini adalah mengurus surat keterangan kehilangan STNK dari Samsat, yang berisikan keterangan keabsahan STNK yang terkait. Contohnya saja tidak dalam kondisi diblokir atau pun dalam pencarian.
  • Mengurus pembuatan STNK yang baru. Nah, untuk mengurus pembuatan STNK yang baru ini Anda harus serahkan semua berkas kelengkapan yang dibutuhkan, plus surat keterangan hilang dari Samsat yang sudah dibuat tadi di loket BBN II.
  • Bayar pajak kendaraan bermotor. Untuk yang satu ini dilakukan jika Anda memang masih belum bayar pajak tahunan untuk kendaraan bermotormu. Bila sudah membayarnya, maka Anda bisa bebas biaya pajak.
  • Bayar biaya pembuatan STNK yang baru. Biaya untuk pembuatan STNK tertera dalam jenis serta tarif atas PNBPP (Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri) No 50 tahun 2010, yakni untuk kendaraan bermotor roda dua dan tiga Rp 50.000,00 dan untuk kendaraan roda empat Rp 75.000,00.

Mengambil STNK dan SKPD

Apabila langkah – langkah di atas sudah selesai Anda lakukan, maka Anda hanya perlu menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke bagian pengambilan STNK yang baru. Tunggu panggilan untuk mengambil STNK baru dan SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah yang sudah jadi.

Sebagai langkah antisipasi, lebih baik Anda buat salinan atau pun fotokopi surat berharga Anda, seperti STNK, KTP, SIM, dan BPKB. Hal tersebut nantai bisa Anda simpan dalam arsip, jadi apabila sewaktu – waktu diperlukan, misalnya saja dalam kasus kehilangan STNK seperti ini Anda sudah tidak terlalu direpotkan lagi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengurus STNK hilang sendiri tanpa jasa calo. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *